CEGAH TPPO, POLDA JABAR HIMBAU MASYARAKAT TIDAK TERGIUR KERJA DI LUAR NEGERI DENGAN BAYARAN TINGGI

Jabar – Polda Jabar mengimbau kepada seluruh warga untuk tidak mudah tergiur adanya tawaran kerja di luar negeri dengan gaji yang tinggi.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si mengungkapkan, terkadang pelaku Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) kerap menggunakan modus tersebut dalam melancarkan aksinya.

Adapun modus TPPO adalah iming – iming bekerja dengan gaji besar, pendidikan dan pelatihan gratis, dijanjikan kehidupan yang lebih baik di luar negeri serta diiming – imingi pengalaman baru sebagai daya tarik.

Faktor penyebab terjadinya masalah TPPO antara lain masih rendahnya pemahaman masyarakat tentang TPPO dan rendahnya tingkat ketahanan keluarga dalam rangka pencegahan tindak pidana perdagangan orang

Kabid Humas Polda Jabar mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak tergiur dengan tawaran pekerjaan di luar negeri dengan iming-iming gaji besar dan proses yang mudah,” katanya, Sabtu (17/9/2023).

“Apabila memang ingin bekerja ke luar negeri, masyarakat harus mengikuti proses secara resmi atau legal.” ujarnya.

“Pekerja migran ilegal tidak akan mendapat hak-hak perlindungan sosial, kesejahteraan dan perlindungan hukum. Apabila masyarakat ingin bekerja di luar negeri silahkan menggunakan jalur resmi,” ungkapnya.

“Masyarakat diharapkan mencari informasi sebanyak mungkin serta meneliti dan memahami isi suatu kontrak kerja.” tuturnya.

“Laporkan jika menemukan hal mencurigakan kepada kantor kepolisian terdekat.” tutup Ibrahim Tompo.

(Red)

Baca Juga :  Sinergitas TNI – Polri, Dalam Kegiatan Sambang bersama babinsa Desa Kertamekar Tanjungkerta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *