Jelang Idul Adha, Binmas Desa Cimekar Sambangi Peternak Domba dan Sapi antisipasi Wabah PMK

Eksposekriminal.com – Cileunyi – Guna mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Polsek Cileunyi Polresta Bandung Polda Jabar melaksanakan pengecekan PMK pada peternak sapi dan pedagang hewan kurban di Kp. Sekejengkol Rt.01/12 Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Kamis (15/6/2023)

Melalui Bhabinkamtibmas Desa Cimekar Polsek Cileunyi Polresta Bandung Aipda Haris Mugia Kusumah melaksanakan sambang dan mensosialisasikan penyakit mulut dan kuku terhadap penjual hewan kurban yang berlokasi di Kp. Sekejengkol Rt.01/12 Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Kamis (15/6/1023)

Dalam kegiatan dimaksud, Eman selaku penjual menyampaikan bahwa hewan kurban kambing sebanyak 3 (tiga) ekor dan sapi sebanyak 6 (enam) ekor miliknya semuanya dalam keadaan sehat dan bebas PMK.

Sementara Kapolresta Bandung Kombes Pol. Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. mengatakan “Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka antisipasi hewan ternak agar tetap sehat menjelang Hari Raya Kurban (Idul Adha 1444 H),” ujarnya

Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa menindak lanjuti arahan Kapolresta Bandung pihaknya telah memerintahkan Bhabinkamtibmas dan personil jajaran untuk menyambangi para peternak sapi maupun penjual hewan kurban (kambing) yang ada di wilayah binaannya.

“dimana pengecekan maupun sosialisasi PMK pada hewan ternak ini merupakan upaya Polri untuk mendukung pemerintah dalam pencegahan meluasnya wabah PMK”

“Selain itu, kami juga menghimbau masyarakat yang memiliki hewan ternak agar dapat berperan aktif dalam upaya pencegahan meluasnya wabah PMK dengan melaporkan permasalahan hewan ternak sapi pada aparat desa maupun petugas dilapangan dimana anggota Bhabinkamtibmas siap membantu untuk memberikan informasi kepada petugas dinas terkait dalam penanganan penyakit PMK pada hewan ternak,” imbuh Kapolsek Cileunyi

Baca Juga :  OPERASI PREMANISME, UNIT RESKRIM POLSEK BOJONGSOANG LAKUKAN PATROLI DIALOGIS KEPADA JUKIR

Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. berpesan kepada Personil Bhabinkamtibmas selalu memberikan informasi agar selalu berhati-hati dalam melakukan proses jual beli sapi ternak, tidak membeli atau mendatangkan sapi ternak jelang hari raya idul adha 2022 dari wilayah yang saat ini sedang terinfeksi penyakit PMK, pemilik ternak agar selalu melakukan pengawasan terhadap hewan ternak dan apabila ditemukan ciri dan gejala serupa agar segera melapor kepada pihak dinas peternakan setempat.

“Kesadaran dan kedisiplinan dalam memelihara, mengawasi dan merawat sapi ternak agar terhindar dari wabah PMK menjadi salah satu kunci utama agar wabah tersebut tidak masuk dan menular di wilayah Kabupaten Bandung khususnya di wilayah Kecamatan Cileunyi” tutup Kompol Suharto, S.H.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *