KAPOLDA JABAR -KASDAM CEK JALUR KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG

Jabar – Eksposkriminal.com // Kapolda Jabar, Irjen Pol Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K, M.Si, MM, bersama Kasdam III Siliwangi, Brigjen TNI Asep Syarifudin, Wakapolda Jabar dan PJU Polda Jabar melakukan pengecekan jalur Kereta Cepat Jakarta – Bandung, Jumat (12/5/2023).

Pengecekan dilakukan menjelang test commising (uji fungsi) tahap awal pada 15 Mei mendatang. Turut mendampingi pengecekan tersebut, Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi, dan Direktur HR, SSHE dan Aset, Adhi Priyatno Putro. ”

Kegiatan ini menindaklanjuti arahan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Bapak Luhut Binsar Panjaitan dalam rapat koordinasi pengamanan kereta cepat Jakarta – Bandung.

“Dalam arahannya Bapak Menko menjelaskan bahwa pengamanan melibatkan TNI-Polri,” kata Adhi dalam keterangannya.

Pengecekan dilakukan dengan menggunakan kereta inspeksi dari Stasiun Tegalluar (DK 143) Kabupaten Bandung hingga Stasiun Karawang dengan menempuh perjalanan lebih dari 100 kilometer. Dari pantauan, pengecekan menggunakan kereta inspeksi dengan kecepatan 30 kilometer per jam ditempuh dalam waktu sekitar lima jam. Sepanjang perjalanan, Kapolda dan Kasdam mendapat penjelasan dari pihak KCIC terkait kesiapan jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Menurut Adhi, dari hasil pengecekan terdapat beberapa titik rawan yang masih dalam proses penyelesiaan. Titik rawan itu diantaranya batas antara lahan jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung dengan jalan umum atau permukiman penduduk yang belum dipasangi pagar pengaman (pagar dan kawat berduri).

’Melalui kereta inspeksi ini kita bisa melihat jelas mana titik-titik yang perlu ditingkatkan pengamannnya, yang rawan, dan juga banyak discus karena arahan-arahan dari beliau-beliau,’’ ujar dia.

Secara keseluruhan,kata Adhi, uji fungsi tahap awal Kereta Cepat Jakarta – Bandung siap dilakukan. Ia optimis melaui koordinasi yang baik antara PT KCIC dengan unsur TNI-Polri, serta masyarakat di sepanjang jalur bisa dilaksanakan sesuai dengan rencana. ‘’Kami juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui tokoh-tooh yang ada disekitar trase.

Baca Juga :  Yanmas pagi Jajaran Unit Lantas Polsek Ujungberung Cegah Kemacetan.

“Peran masyarakat sangat kami harapkan agar uji coba ini berjalan sesuai dengan rencana,’’ ujar dia.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si dalam keterangannya, mengatakan, pengecekan dilakukan untuk melihat kondisi di lapangan.”Dari hasil pengecekan yang kita lakukan hari ini ada beberapa yang dapat menghambat pembangunan. Maka dari itu harus kita benahi karena akan dilakukan uji coba,” kata dia.

Kabid Humas Polda Jabar juga menjelaskan sampai saat ini, pihaknya masih terus mengumpulkan data-data untuk kemudian dilakukan analisa dan membuat rencana pengamanannya.”Kita juga lakukan kordinasi dan pendampingan kepada pihak KCIC apabila ada kelemahan dari segi keamaan.Sehingga pada saat uji coba nanti tidak lagi ditemukan kendala teknis dan pengamanan yang dapat menimbulkan permasalahan.

“Kitapun akan menambah beberapa personil di lapangan pada titik-titik rawan saat uji coba nanti,” tutupnya.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *