Bhabinkamtibmas Polsek Bungursari Monitoring Jaga Ketahanan Pangan

PURWAKARTA – Untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, Kepolisian Sektor (Polsek) Bungursari, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat terus menjalin sinergi dengan berbagai elemen masyarakat di wilayah tersebut.

Untuk mewujudkannya, para Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Bungursari rutin lakukan silaturahmi dan sambang warga di desa binaannya masing-masing.

Seperti yang dilakukan para Bhabinkamtibmas Polsek Bungursari yang rutin memberikan himbauan kepada warga untuk terkait menjaga keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) di lingkungan.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Bungursari, Kompol R Dandan Nugraha Gaos mengungkapkan, Bhabinkantibmas mempunyai peran penting sebagai ujung tombak kepolisian dalam mengendus persoalan yang terjadi di masyarakat.

Ia menjelaskan, jika tugas utama polisi adalah sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

“Sehingga fungsi kepolisian yang dikedepankan adalah peran bhabinkamtibmas. Karena mereka adalah kepala kepolisian di tingkat kampung yang wajib mengetahui setiap kondisi apapun yang ada di kampung binaannya masing-masing,” ujar Dandan, pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Kapolsek menyebut, peran Bhabinkamtibmas juga cukup vital dalam memberikan layanan atau bantuan kepolisian, terlebih di desa dan kelurahan yang tidak memiliki kantor polisi.

“Apabila peran bhabinkamtibmas sudah berjalan dengan baik, pasti segala permasalahan yang terjadi bisa dicegah dan dapat diminimalisir,” ungkap Eks Kapolsek Jatiluhur itu.

Untuk itu, kata Dandan, Bhabinkamtibmas harus mengetahui kondisi setiap warga binaannya termasuk masalah ketahanan pangan.

“Guna menjalin hubungan baik dengan masyarakat, para bhabinkamtibmas Polsek Bungursari di wajibkan untuk rutin melakukan sambang kamtibmas di Desa Binaannya masing-masing. Mereka juga aktif berkontribusi perkembangan desa binaannya seperti mengecek keadaan pangan disana,” jelasnya.

Kapolsek menambahkan, dalam sambang kamtibmas tersebut, para bhabinkamtibmas memberikan pesan-pesan kamtibmas secara humanis kepada masyarakat.

Baca Juga :  Berikan Rasa Aman, Personi Polsek Blanakan Giat Pengecekanan SPBU

“Para bhabinkamtibmas mengajak seluruh masyarakat agar bersama-sama menjaga kamtibmas, serta saling berperan dalam rangka memelihara kamtibmas. Mereka menghimbau untuk mengantisipasi terjadinya curanmor di lingkungan pabrik” ungkap Dandan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *