Polresta Bandung Melaksanakan Jumat Curhat di Desa Langensari, Warga Keluhkan Genk Motor dan Bank Emok

Eksposekriminal.com – Bandung – Guna menampung keluhan dan aduan dari masyarakat Kabupaten Bandung, Polresta Bandung terus melaksanakan Jumat Curhat.

Jumat Curhat yang ke-34 kalinya, kali ini digelar di Aula Desa Langensari, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Jumat, 13 Oktober 2023.

“Kita dengar bersama, tadi ada warga masyarakat mencurhatkan berkiatan dengan bank emok,” kata Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo seusai Jumat Curhat.

“Kemudian bagaimana caranya memantau anak berkomunikasi melalui media sosial dengan teman-temannya dan juga berkaitan dengan keresahan genk motor pelajar,” sambungnya.

Berkaitan genk motor, ia menjelaskan Polresta Bandung telah melakukan langkah-langkah himbauan dengan cara mendatangi sekolah-sekolah untuk menjadi inspektur upacara dan melakukan pembinaan terhadap para pelajar.

“Kami juga telah membuat film pendek yang diviralkan terkait meniadakan genk motor, agar masyarakat atau anak muda mendapat pencerahan dampak dari genk motor,” ujarnya.

“Dari kejadian beberapa waktu yang lalu, saat kami kumpulkan orang tua, ternyata orang tuanya itu tidak ada yang tahu kalau anaknya ikut genk motor,” jelasnya.

Ia pun menambahkan pencegahan yang utama adalah dari lingkup keluarga terlebih dahulu, dimana orang tua yang setiap hari bertemu dengan anaknya harus memberikan kasih sayang dan perhatian kepada anaknya agar anaknya jangan sampai mengikuti genk motor.

“Kemudian tokoh masyarakat setempat, tokoh agama, guru, itu juga sebaiknya turut serta dalam melakukan pencegahan ini, tidak hanya kepolisian saja,” tuturnya.

Disisi lain, terkait keresahan masyarakat terhadap bank emok. Kusworo menuturkan bahwa bank emok ini terjadi ketika transaksinya sempurna.

“Ada suplai ada diman, ada permintaan ada penawaran. Kalau saja hanya ada penawaran saja tapi tidak ada permintaan makanya transaksinya tidak jadi,” ujar Kusworo.

Baca Juga :  Anggota Polsek Bandung Wetan melaksanakan kegiatan di wilayah hukum Polsek Bandung Wetan

“Terkadang masyarakat ini tergiur dengan bank emok ini, karena bank emok ini mau datang kerumah, langsung bawa uang tunai dan masyarakat langsung bawa uang tunainya,” pungkasnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *