Polsek Cibiuk Polres Garut Himbau Agar Warga Tidak Membakar Sampah Sembarangan Di Area Terbuka

Garut – Kebakaran lahan atau hutan kini marak terjadi diakibatkan oleh faktor cuaca kemarau yang berkepanjangan ataupun akibat kelalaian manusia.

Lahan atau kebun milik warga Kampung Dangdeur Desa Majasari Kecamatan Cibiuk Kabupaten Garut mengalami peristiwa kebakaran. Senin (09/10/2023).

Menindaklanjuti informasi dari masyarakat Polsek Cibiuk Polres Garut melalui Bhabinkamtibmas Polsek Cibiuk Brigadir Irvan dan Kanit Samapta Polsek Cibiuk Aipda Yogi yang bersinergitas bersama petugas pemadam kebakaran serta warga sekitar bergegas menuju lokasi kebakaran.

Lahan yang mengalami kebakaran tersebut merupakan milik Brigjen TNI (Purn) Asep, lahan ini digunakan dipergunakan untuk perkebunan pohon jati. Sekitar 1 hektar lahan habis dilahap oleh sijago merah, dan menurut hasil olah tkp Polsek Cibiuk api berasal dari pembakaran sampah disekitar kebun kemudian api menjalar ke rumput kering dengan bantuan angin api pun bergerak cepat membakar sebagian kebun tersebut.

Pada sekitar pukul 15.15 WIB api pun berhasil dipadamkan, lalu Polsek Cibiuk bersama pemadam kebakaran dan warga sekitar melakukan upaya pencegahan penyebaran api dengan menimbun abu atau lahan yang bekas terbakar dengan daun lembab dan pasir agar tidak kembali terjadi potensi kebakaran dikemudian hari.

Kapolres Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha, S.I.K, M.Si, melalui Kapolsek Cibiuk Iptu Gopar Suryadi Mulya menghimbau warga agar selalu waspada kebakaran lahan atau kebut dikarenakan cuaca yang sedang kemarau panjang,hindari membersihkan lahan pertanian/perkebunan dengan cara membakar, tidak membakar sampah sembarangan di area terbuka dan jangan membuang puntung rokok sembarangan yang dapat mengakibatkan kebakaran terjadi.
(Red)

Baca Juga :  Binluh Kapolsek Compreng di SMAN 1 Compreng Kec. Compreng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *