Tanggapi Aduan Masyarakat Polres Garut Laksanakan Operasi Premanisme Di Kabupaten Garut

GARUT – Eksposekriminal.com – Bertempat di Mapolres Garut Jl.Jenderal Sudirman no.204 Kec.Karangpawitan Kabupaten Garut , Kapolres Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro , S.H , S.Ik., pimpin kegiatan Operasi Premanisme di Wilayah hukum Polres Garut. Rabu (14/06/2023).

Kegiatan ops premanisme ini turut dilaksanakan oleh Sat Samapta Polres Garut , Sat Reserse Kriminal Polres Garut , Sat Lantas Polres Garut dan Tim Sancang Polres Garut.

Anggota Polres Garut melaksanakan kegiatan Ops Premanisme di dua titik dan anggota pun dibagi menjadi 2 tim , tim 1 bergerak menyusuri daerah Terminal Guntur & Pasar Ciawitali yang diyakini banyaknya kasus pungli , serta tim 2 bergerak ke daerah Kecamatan Tarogong Kaler , Samarang dan Garut Kota.

Hasil dari patroli ops premanisme tersebut Polres Garut berhasil mengamankan 81 orang yang diduga preman dan digelandang ke Mapolres Garut , karena diduga telah meresahkan masyarakat Kabupaten Garut.

Kapolres Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro menjelaskan, dari 81 preman yang diamankan, 1 di antaranya membawa senjata tajam jenis samurai. Sementara satu orang lainnya, membawa obat-obatan yang diduga obat terlarang.

“Yang membawa sajam jenis samurai ditangkap di wilayah Kecamatan Tarogong Kaler. Sedangkan yang diduga membawa obat terlarang, namun untuk jenis obatnya akan diteliti apakah masuk kategori obat terlarang atau bukan ditangkap di Kecamatan Garut Kota.” Ujar Kapolres Garut.

Kapolres Garut menyatakan jika yang diduga preman membawa senjata tajam akan dikenakan UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 Pasal 2 ayat 1 , para yang diduga preman akan menjalani sejumlah pemeriksaan seperti test urin , catatan Keterangan Baik di SKCK nya. Dan semua hasil tersebut akan dicocokan apakah mereka terlibat aksi kriminal atau tidak.

Apabila mereka dinyatakan bersih tidak terkait aksi kriminal dan narkoba , Polres Garut akan berkordinasi dengan Dinas Sosial Kab.Garut untuk memberikan pembinaan agar para diduga preman ini memliki keterampilan dan mendapatkan pekerjaan yang baik.

Baca Juga :  Kabid Humas Polda Jabar : Patroli QR Polisi Monitoring Dan Pengamanan Imunisasi, Kepada Anak-Anak Dan Balita

“Tujuan diadakannya Operasi Premanisme tersebut dikarenakan sebab begitu banyak aduan dari masyarakat bahwa aksi premanisme masih sangat meresahkan , untuk itu kami akan lakukan terus operasi ini secara gencar agar Kabupaten Garut benar-benar bersih dari aksi kriminal dan narkoba demi tercipta nya Kabupaten Garut yang aman dan nyaman.” Tutup Kapolres Garut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *