Tingkatkan Kesadaran Hukum, Kanit Lantas Polsek Cileunyi gelar Dikmas Lantas di Sekolah

Eksposekriminal.com – Cilengkrang – Polsek Cileunyi Polresta Bandung Polda Jabar melalui Unit Lalu-lintas menggelar kegiatan Dikmas Lantas, Adapun sasaran Dikmas Lantas kali ini adalah anak anak sekolah di SMK Negeri 1 Cilengkrang Kp. Ciwaru Rt.04/08 Desa Ciporeat Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung. Selasa (10/10/2023)

Kegiatan Dikmas Lantas itu dipimpin langsung oleh Kanit Lantas Polsek Cileunyi Polresta Bandung AKP M. Abdullah bersama anggotanya.

“Kegiatan Dikmas Lantas ini bertujuan untuk memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di wilayah hukum Polsek Cileunyi.” Ujar Kanit Lantas

Perlu digaris bawahi bahwa salah satu tugas Polri di bidang lalu lintas adalah memberikan masyarakat pendidikan soal aturan lalu lintas.

Dikmas Lantas adalah segala kegiatan yang meliputi segala usaha untuk menumbuhkan pengertian, dukungan serta keikutsertaan masyarakat agar aktif dalam upaya menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Kanit Lantas AKP M. Abdullah menerangkan bahwa pendidikan masyarakat di bidang lalu lintas perlu dilakukan demi meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap lalu lintas, serta memberikan pemahaman terhadap bagaimana cara berkendara yang baik dan benar sebagai pengguna jalan.

Pada kesempatannya Kanit Lantas mengatakan bahwa Dikmas Lantas di lingkungan Pendidikan merupakan bagian dari program Kepolisian dalam menciptakan Kamseltibcar lantas di kalangan anak-anak generasi penerus bangsa. Ini bagian dari upaya sedini mungkin mengenalkan tertib dalam berlalu lintas kepada anak-anak.

“Kami berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kesadaran, kedisiplinan dan kepatuhan para pelajar terhadap aturan lalu lintas,” ucap Kanit Lantas

Lanjut Kanit Lantas, bagi siswa-siswi yang belum cukup umur agar tidak mengendarai kendaraan bermotor guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti contoh laka lantas yang menyebabkan korban dari pengguna jalan lain, karena pada masa usia dibawah 17 tahun belum cukup mampu menganalisa dan mengambil keputusan saat berkendara dijalan raya.

Baca Juga :  Kabid Humas Polda Jabar : Jelang Buka Puasa, Polwan Polda Jabar Bagikan 1000 Takjil Kepada Pengendara

“Kami juga mengimbau kepada para guru dan wali murid untuk selalu berperan aktif untuk meningkatkan pengawasan, karena korban angka kecelakaan lalulintas masih dominan pada pengendara yang dibawah umur,” kata Kanit Lantas.

Kehadiran petugas Satlantas tersebut mendapat tanggapan positif dari kepala sekolah SMK Negeri 1 Cilengkrang

“Dengan adanya pembinaan dari Kepolisian, tentunya sangat bermanfaat bagi para siswa. Harapannya semoga para siswa dapat mentaati peraturan lalu lintas,” ujar kepala Sekolah Bpk. Deni, S.Pd

Kapolresta Bandung Kombes Pol. Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. dalam keterangannya mengatakan bahwa kegiatan Dikmas Lantas bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas kepada generasi muda.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap para siswa dapat menjadi agen perubahan di lingkungan mereka dan mematuhi aturan lalu lintas serta mampu mengedukasi teman-teman sebaya mereka,” ujar Kompol Suharto,S.H.

“Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menekan angka kecelakaan, sehingga tercipta kenyamanan dan keamanan berkendara,” lanjutnya.

Dalam Dikmas Lantas tersebut, siswa-siswa diajarkan tentang berbagai aspek lalu lintas, seperti pentingnya menggunakan helm, penggunaan sabuk pengaman, serta peraturan tentang batas kecepatan di jalan.

“Mereka juga diberikan pemahaman mengenai bahaya penggunaan handphone saat berkendara serta pentingnya menjaga jarak aman antara kendaraan.” Tutup Kapolsek Cileunyi sambil mengakhiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *